Selasa, 19 November 2013

Headlines and Taglines

Nahh,, sekarang saya akan nge-post tentang Headlines & Taglines. Masih dari buku advertising CREATIVE STRATEGY, COPY + DESIGN.

-Flo


Headline
Headline adalah Informasi utama yang ingin disampaikan.

Headline yang baik harus memiliki salah satu atau lebih dari beberapa hal berikut ini :
  1.     Bisa langsung mendapat perhatian
  2.     Memilih prospek yang tepat
  3.   . Mengarahkan pembaca ke teks
  4.     Adanya kekuatan berimbang antara sinergi & visualisasi
Tipe headline :
  1. Berita = digunakan ketika kalian ingin memperkenalkan produk, perusahaan ataupun jasa baru
  2. Keuntungan langsung =  digunakan ketika kalian ingin menjanjikan hadiah (reward) atau highlight pada headline
  3. Rasa penasaran = digunakan ketika kalian ingin mencoba agar pembaca menemukan ide utama dalam iklan kalian
  4. Emosional = digunakan ketika kalian ingin menjual gambar dan atau memanggil resonansi pembaca.
  5. Perintahdigunakan ketika kalian ingin pembaca melakukan sesuatu
  6. Hornblowingdigunakan ketika kalian ingin membuat pembaca terkesan dengan sebesar-besarnya, secepat-cepatnya, dan menjadi yang pertama.
  7. Perbandingandigunakan ketika kalian ingin menunjukan perbedaan produk kita dengan kompetitor atau menggunakan metafora untuk mendeskripsikan produk kita.
  8. Labeldigunakan ketika kalian ingin fokus pada nama brand, nama produk, atau kampanye tagline kampanye daripada menunjukkan keuntungannya
Headline yang tidak efektif adalah yang :
  • Menanyakan  pertanyaan yang tidak bisa dijawab (membuat pembaca bingung)
  • Menanyakan pertanyaan yang tidak bisa dijawab dengan "iya" dan "tidak"
  • Digunakan sebagai judul. 
  • Didasarkan pada permainan kata yang "bodoh" (maksud dari "bodoh" adalah yang tidak ada kaitannya dengan produk)
  • Menggunakan kata hinaan atau bahasa yang merendahkan yang dapat mengganggu pembaca yang cerdas
  • Menjadi pintar demi kepintaran (mencoba untuk mengesankan pembaca daripada membujuk)

Tagline

Client biasanya menginginkan tagline yang :
  1. Mendefinisikan perusahaan
  2. Memposisikan produk
  3. "Mengganggu" pesaing
  4. Meyakinkan pemegang saham
  5. Akan diterima oleh istri CEO
Bagaimana cara menulis tagline yang efektif?
  1. Buat yang pendek dan sederhana
  2. Pikirkan jingle
  3. Coba untuk membuat produk menjadi beda dari yang lain
  4. Bermain dengan kata-kata yang cerdas
  5. Jangan sampai membuat pembaca bingung



Tidak ada komentar:

Posting Komentar