Tidak seperti media cetak yang memiliki jangkauan konstan (karena didasarkan atas jumlah oplah yang cenderung tetap pada kurun waktu tertentu), jangkauan media penyiaran sangat bervariasi dari program yang satu ke program yang lainnya. Cara menghitung jangkauan berbeda untuk setiap media. Jangkauan radio dan televisi diketahui dari rating suatu program.
Rating suatu program pada dasarnya adalah sama dengan jangkauan (rating = reach). Nilai rating satu adalah sama dengan 1 persen dari wilayah cakupan kendaraan media bersangkutan.
Nilai rating program 5 berarti sebanyak 5 persen dari rumah tangga yang berada di wilayah cakupan stasiun bersangkutan terekspos oleh program tersebut. Semakin banyak rumah tangga yang menyaksikan atau mendengarkan program penyiaran pada suatu wilayah siaran maka ratingnya akan semakin tinggil. Hal penting yang harus diingat untuk radio dan televisi adalah program yang menentukan rating bukan stasiunnya.
Jangkauan suatu media yang bersifat khusus harus didasarkan pada suatu keseluruhan (universe) individu/audience yang masuk dalam kategori tertentu dan bukan pada seluruh rumah tangga yang terdapat pada suatu wilayah geografis tertentu. Misalnya keseluruhan individu/audience dari surat kabar berbahasa Inggris, The Jakarta Post adalah para warga negara asing (ekspatriat) di Indonesia, bukan seluruh rumah tangga di Jakarta.
Jangkauan iklan luar ruang seperti papan reklame (billboard) mengacu kepada prosentase kendaraan pada suatu wilayah yang melalui papan reklame tersebut. Jika, misalnya ada satu juta kendaraan di Jakarta dan perhitungan jumlah kendaraan yang melewati papan reklame di salah satu ruas jalan di Jakarta adalah sebanyak 500.000 dalam waktu 24 jam maka jangkauan papan reklame adlah 50 persen.
Namun perhitungan jumlah kendaraaan yang melewati papan reklame tersebut mencakup kendaraan sama yang melalui papan reklame tersebut lebih dari satu kali. Masalah ini dikenal dengan istilah duplikasi.
Sumber : http://pengertiandancontoh.blogspot.com/2013/03/pengertian-perencanaan-media-periklanan.html
-Flo
Tidak ada komentar:
Posting Komentar