Radio
Kenapa radio?
- Radio ada dimana-mana & gratis
- Kalian bisa merangsang tindakan langsung
- Radio mendukung retailer lokal and brand-brand nasional.
- Radio memiliki pasar yang tersegmentasi - radio telah menjadi media yang sangat pribadi, sehingga kalian dapat menyesuaikan pesan tertentu untuk mencapai demografis tertentu
- Radio menawarkan kesempatan kreatif. Melalui radio kita tertantang untuk membuat iklan hanya dengan musik, suaram dan efek-efek suara.
- Straight announcer - gaya berita serius, membaca dengan humor, modivikasi suara
- Dialog - menggunakan karakter-karakter (slice of life)
- Dramatisasi - drama pendek dan komedi
- Testimonial - testimonial dari seseorang, celebrity endorsement
- Dominan pada musik - dengan jingle (original music), musik populer, atau lagu yang diubah (misalnya mengubah lirik dari lagu tertentu)
- Kombinasi dari keseluruhan di atas
Kenapa TV?

- Dampak : Tidak ada media yang berhasil untuk menggabungkan gambar dan suara (kecuali internet)
- Akses yang universal : Hampir semua orang punya TV
- Khalayaknya banyak
- Segmentasi : program khusu membuat TV lebih mudah menampilkan iklan yang ditargetkan
- Pemasaran yang terintegrasi : TV adalah media yang ideal untuk beriklan
- Cocok untuk promosi silang : TV dan internet menjadi saluran untuk bertukar informasi.
- Dapatkan perhatian langsung : 3-10 detik pertama adalah waktu yang kritis. Buatlah detik-detik awal menajadi menarik
- Tetap pada satu ide utama : Buatlah hal yang simple
- Pikirkan brand awareness : tunjukkan produk dan masukan karakter di dalamnya
- Gunakan judul untuk memperkuat titik kunci
- Berpikirlah secara visual : pertimbangkan bagaimana kalian ingin bergerak dari satu scene ke scene lain, bagaimana transisinya.
- Jangan lupakan sinergi
- Suara tetap penting : gunakan musik/SFX untuk mendeskripsikan tempat atau suasana
- Buat setiap kata berarti - perhitungkan tiap katanya
- Berikan pemirsa beberapa pujian: biarkan mereka menyelesaikan persamaan kreatif
- Jangan terlalu banyak menjelaskan
- Buatlah percakapan yang alami : Dialog harus alami, jangan dipaksakan
- Jangan simpan untuk di bagian akhir : iklan harus menghibur di setiap detiknya
- Pelajari iklan yang hebat : lihat gaya, sudut kamera, teknik editing, dan lainnya
Internet
Mengapa internet?
Tulisan di atas masih dari buku CREATIVE STRATEGY, COPY + DESIGN.
-Flo
- Selalu terhubung : internet menyediakan hiburan dan iformasi setiap ahri, setiap waktu
- Personal : internet mungkin merupakan media yang paling personal
- Dinamik : menggunakan video, audio, dan teks yang memberikan dampak besar
- Its a web : link menyediakan cara akses ke mitra pemasaran untuk bekerjasama dan peluang promosi silang dan integrasi dengan media lain
- Hampir semua orang terhubung : kesenjangan digital berkurang dengan cepat. Internet akan terus menjadi lebih mudah diakses melalui laptop, ponsel, dan perangkat yang nirkabel.
Tulisan di atas masih dari buku CREATIVE STRATEGY, COPY + DESIGN.
-Flo

Tidak ada komentar:
Posting Komentar