Selasa, 19 November 2013

Media Elektronik


Radio














Kenapa radio?
  1. Radio ada dimana-mana & gratis 
  2. Kalian bisa merangsang tindakan langsung
  3. Radio mendukung retailer lokal and brand-brand nasional.
  4. Radio memiliki pasar yang tersegmentasi - radio telah menjadi media yang sangat pribadi, sehingga kalian dapat menyesuaikan pesan tertentu untuk mencapai demografis tertentu
  5. Radio menawarkan kesempatan kreatif. Melalui radio kita tertantang untuk membuat iklan hanya dengan musik, suaram dan efek-efek suara.
Teknik kreatif dan cara mengaplikasikannya:
  • Straight announcer - gaya berita serius, membaca dengan humor, modivikasi suara
  • Dialog - menggunakan karakter-karakter (slice of life)
  • Dramatisasi - drama pendek dan komedi
  • Testimonial - testimonial dari seseorang, celebrity endorsement
  • Dominan pada musik - dengan jingle (original music), musik populer, atau lagu yang diubah (misalnya mengubah lirik dari lagu tertentu)
  • Kombinasi dari keseluruhan di atas




TV

Kenapa TV?


  1. Dampak : Tidak ada media yang berhasil untuk menggabungkan gambar dan suara (kecuali internet)
  2. Akses yang universal : Hampir semua orang punya TV
  3. Khalayaknya banyak
  4. Segmentasi : program khusu membuat TV lebih mudah menampilkan iklan yang ditargetkan
  5. Pemasaran yang terintegrasi : TV adalah media yang ideal untuk beriklan
  6. Cocok untuk promosi silang : TV dan internet menjadi saluran untuk bertukar informasi.


Tips dan teknik
  • Dapatkan perhatian langsung : 3-10 detik pertama adalah waktu yang kritis. Buatlah detik-detik awal menajadi menarik
  • Tetap pada satu ide utama : Buatlah hal yang simple
  • Pikirkan brand awareness : tunjukkan produk dan masukan karakter di dalamnya
  • Gunakan judul untuk memperkuat titik kunci
  • Berpikirlah secara visual : pertimbangkan bagaimana kalian ingin bergerak dari satu scene ke scene lain, bagaimana transisinya.
  • Jangan lupakan sinergi
  • Suara tetap penting : gunakan musik/SFX untuk mendeskripsikan tempat atau suasana
  • Buat setiap kata berarti - perhitungkan tiap katanya
  • Berikan pemirsa beberapa pujian: biarkan mereka menyelesaikan persamaan kreatif
  • Jangan terlalu banyak menjelaskan
  • Buatlah percakapan yang alami : Dialog harus alami, jangan dipaksakan
  • Jangan simpan untuk di bagian akhir : iklan harus menghibur di setiap detiknya
  • Pelajari iklan yang hebat : lihat gaya, sudut kamera, teknik editing, dan lainnya

Internet
Mengapa internet?
  1. Selalu terhubung : internet menyediakan hiburan dan iformasi setiap ahri, setiap waktu
  2. Personal : internet mungkin merupakan media yang paling personal
  3. Dinamik : menggunakan video, audio, dan teks yang memberikan dampak besar
  4. Its a web : link menyediakan cara akses ke mitra pemasaran untuk bekerjasama dan peluang promosi silang dan integrasi dengan media lain
  5. Hampir semua orang terhubung : kesenjangan digital berkurang dengan cepat. Internet akan terus menjadi lebih mudah diakses melalui laptop, ponsel, dan perangkat yang nirkabel.





Tulisan di atas masih dari buku CREATIVE STRATEGY, COPY + DESIGN.

-Flo












Tidak ada komentar:

Posting Komentar