Rabu, 30 Oktober 2013

Periklanan dan Tim Kreatif

Haii semuaaa.. 
Nah, ini hasil saya baca buku advertising CREATIVE STRATEGY, COPY + DESIGN.  Nama penulisnya Tom Altstiel & Jean Grow.
-Flo-



COPY, DESIGN, and CREATIVITY
    Tahun 1950an - awal tahun 1970an adalah "masa kejayaan" dari periklanan. Fokus periklanan pada waktu itu adalah mengenai anak muda, kebebasan, sex, obat-obatan, dan rock 'n' roll. Apa yang membuat iklan tersebut revolusioner? 
  1. Mereka mulai merubah fokus dari produk kepada fokus pada brand. Mereka memperkenalkan karakter yang mudah diingat dan menjaga tema yang konsisten dari tahun ke tahun. Faktor-faktor inilah yang membuat brand diperhatikan dan bisa diterima.
  2. Mereka mengubah cara berpikir konvensional
  3. Mereka membuat penampilan baru; menggunakan ruang putih, layout yang asimetris, dan cara penulisan yang unik

    TIM KREATIF
Sebuah tim kreatif 'tradisional' terdiri dari copywriter dan art director, dengan partisipasi dari web developers dan broadcast producers. Tim ini biasanya mengikuti atasannya, yaitu creative director. Tapi, siapapun yang menjalankan proses periklanan tersebut, tim kreatif harus mengetahui produk tersebut dari berbagai sisi, luar dan dalam. Merekka harus mengerti siapa saja yang menggunakan produk tersebut, bagaimana perbandingannya dengan para pesaing, apa yang penting bagi konsumen, dan lain-lain.

    WHERE DO I GO FROM HERE?
Kalian mungkin akan mengambil salah satu beberapa jalur karir kalian :
1. Copywriter/art director 
2. Management/creative director
3. Account manager
4. Account planner
5. Promotion director
6. Public relations writer
7. Internal advertising department
8. Web/interactive
9. Freelance writer/designer
10. Producer/director (broadcast)
11. Consultant

Tidak ada komentar:

Posting Komentar