Selasa, 29 Oktober 2013

Positioning & Segmentasi Pasar

Masih dari catetan di kelas Dasar-dasar Periklanan, kali ini saya akan nge-post tentang Positioning dan Segmentasi Pasar :)

-flo



Positioning adalah penempatan suatu figur atau nama produk yang melekat kuat dalam benak pikiran seseorang. Dasar dari penentuan positioning ebuah jasa antara lain :

  1. Reliability (tahan uji) = Sejauh mana produk atau jasa mampu memberi pelayanan yang dijanjikan dan sejauk mana mampu memberikan pelayanan yang akurat.
  2. Assurance (jaminan) = Adanya jaminan yang diberikan kepada pelanggan
  3. Tangibles = Adanya bukti nyata dalam menyediakan barang/jasa dan melayani konsumen
  4. Empathy = Harapan dari konsumen agar penyedia barang/jasa mengenal konsumen secara pribadi
  5. Responsiveness = Tanggung jawab kepada pelanggan
Dasar dari penentuan positioning agar bisa diterima oleh masyarakat :
  1. Melalui pengutamaan penggunaan produk. Misalnya, Paramex diutamakan sebagai obat sakit kepala
  2. Melalui kelas pemakai produk. Misalnya, sabun Lux adalah sabun yang digunakan wanita ekslusif
  3. Melalui kelas produk
  4. Melalui kultr/ budaya. Misalnya, Mustika Ratu yang menyimbolkan budaya Jawa
  5. Melalui kompetitor


Segmentasi Pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Tujuannya adalah untuk merancang bauran pemasaran yang lebih tepat dalam menjawab kebutuhan para konsumen di pasar tertentu.




Segmentasi pasar terdiri dari 4 metode :
  1. Metode Demografis, mencakup usia, gender, ukuran keluarga, tahap siklus, hidup keluarga, pendapatan, pendidikan, pekerjaan, agama, ras, dll
  2. Metode Geografis, mencakup daerah, ukuran populasi, kepadatan penduduk, iklim, dll
  3. Metode Behavioristis, mencakup manfaat yang dicari, penggunaan volumem dan loyalitas produk
  4. Metode Psikologis, mencakup gaya hidup & kepribadian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar